Amandemen KUHPerdata Perancis

Seperti diketahui bersama bahwa Hukum Perdata Perancis mempunyai hubungan yang dekat dengan hukum perdata Indonesia, terutama dari segi perundang-undangannya: Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPerdata”). KUHPerdata Perancis secara historis telah memberi pengaruh besar terhadap KUHPerdata Belanda pada abad kesembilan belas dan akhirnya kodifikasi tersebut sampai ke Indonesia pada abad ke-20. Mengetahui bahwa KUHPerdata Indonesia telah dipengaruhi oleh KUHPerdata Belanda yang lama dan KUHPerdata Perancis sebelum amandemen, maka tidak mengherankan jika ketentuan dalam berbagai undang-undang di atas juga berbagi gagasan yang sama. Mengenai asas pacta sunt servanda misalnya di KUHPerdata Indonesia pada Pasal 1338, kita dapat menemukan hal yang serupa dengan Pasal 1374 KUHPerdata Belanda yang lama dan Pasal 1134 dari KUHPerdata Perancis sebelum amandemen dengan kata-kata yang persis sama.

Menariknya, KUHPerdata Belanda dan Perancis sudah diperbaharui agar sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam tulisan kali ini penulis tidak akan berbicara banyak mengenai perubahan KUHPerdata Belanda di tahun 1992. Penulis lebih menyoroti amandemen KUHPerdata Perancis yang baru saja dilakukan. Pemerintah Prancis, melalui Ordonansi n°2016-131 tertanggal 10 Februari 2016, telah mengubah KUHPerdata Perdata khususnya mengenai hukum kontrak yang sebelumnya tidak berubah sejak tahun 1804. Reformasi KUHPerdata dari zaman Napoleon yang cukup fenomenal ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya tarik Perancis dalam lanskap hukum global yang sangat kompetitif terutama jika diperbandingkan dengan sistem common law (the United States atau the United Kingdom).

Hukum kontrak Perancis yang sudah beku selama lebih dari 200 tahun telah dilakukan modernisasi dengan mengadopsi berbagai solusi inovatif. Namun, perlu ditekankan bahwa tujuan Reformasi KUHPerdata Perancis, menurut para ahli, pada dasarnya tidak mengubah undang-undang kontrak Perancis, melainkan untuk menyusun perubahan yang diperkenalkan oleh putusan-putusan hakim terdahulu (case law). Hanya saja kenyataanya, beberapa ketentuan baru memang berbeda dari undang-undang yang ada dan mungkin memerlukan beberapa perubahan penting, yang akan dijelaskan pada tulisan-tulisan selanjutnya.

Bagian utama dari amandemen sudah berlaku efektif pada tanggal 1 Oktober 2016 untuk kontrak yang disepakati atau diperbaharui setelah tanggal ini. Beberapa situasi yang kompleks (seperti Framework Agreements dan Application Agreements) sebagian diatur oleh ketentuan lama dari KUHPerdata Perancis dan sebagian oleh aturan yang baru. Demikian juga, proses peradilan yang dimulai sebelum tanggal tersebut tetap tunduk pada rezim hukum yang lama.

Untuk dokumen lengkapnya bisa diakses dalam link berikut ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s