Profesi Lawyer di Belanda

Anthony Pascoe | Illustration and Live CaricatureDi belanda, untuk memasuki profesi hukum, anda harus memenuhi gelar sarjana (bachelor of law) dan magister hukum (master of law) di Perguruan Tinggi Belanda, sesuai bagian 2 UU Advokat – tentang pendaftaran organisasi dan penyumpahan advokat. Ketika anda mulai bekerja pada sebuah Law Firm, anda harus menyelesaikan terlebih dahulu magang selama 3 tahun. Walaupun anda secara formal sudah dianggap seorang lawyer, tetapi sebutan anda adalah “trainee lawyer”. Selama magang anda akan berpraktek di bawah pengawasan seorang lawyer berpengalaman. Tiga tahun memang kelihatan lama, tetapi disitu bisa belajar banyak mengenai pengetahuan dan keterampilan hukum selama menjalani magang. Proses magang menawarkan integrasi antara program akademik dan pengalaman praktek.

Sebagai trainee lawyer, anda bisa berpraktek secara litigasi secara mandiri. Di tahun pertama anda harus mengikuti program pendidikan profesi sebagai tambahan pekerjaan sebagai lawyer. Hal itu juga diikuti dengan program pendidikan untuk trainee lawyer.

Dengan program wajib tersebut anda akan mendapatkan pengetahuan dan kterampilan yang akan membedakanmu dengan praktisi-praktisi lain di bidang hukum. Program akan berfokus pada pengetahun mengenai hukum acara dan kode etik, selain itu juga penguasaan keterampilan pembelaan seperti permohonan keringanan, pemeriksaan saksi dan menyusun dokumen-dokumen litigasi. Program Pendidikan diadakan dua kali dalam setahun, di bulan maret dan september. Sebagian besar komponen dari program pendidikan profesi diakhiri dengan dengan ujian tertulis. Anda akan menerima sertifikat setelah menyelesaikan semua komponen dengan hasil yang memuaskan. Sesuai UU Advokat, anda harus mendapatkan dalam tiga tahun (ketika bekerja secara penuh).

Di tahun kedua dan ketiga dari magang anda harus mengambil program pendidikan kelanjutan untuk trainee. Program ini memperluas pengetahuan-pengetahuan yang sudah dikuasai dengan pengalaman praktek. Ada bermacam-macam hal dari program tersebut. Sebagian besar distrik juga mempunyai prasyarat-prasyarat pendidikan mereka secara tersendiri, seperti paruh waktu di kompetisi peradilan semu dan mengikuti perkuliahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s