Mencari ketenangan di balik tabir kehidupan…

Ah sudah lama sekali rasanya aku tak menulis lagi serpihan pengalamanku yang kujalani bak kuda mustang yang sedang berlari kencang. Rasanya memang kesibukan ini memaksaku meinggalkan dunia tulis menulis blok untuk sesaat. Sibuk dalam organisasi, sibuk akademis maupun sibuk “membina” dan sibuk memperbaiki diri tentunya. Masih luar biasa bersyukur diri ini masih bias disibukan dalam kebaikan bagi sesama dan umat. Engkau yang tidak disibukan dalam kebaikan secara otomatis engkau akan sibuk pada keburukan. Hmm, rasanya pas sekali menulis di hari sabtu siang ini, diiringi lantunan musik instrumental yang menenangkan hati. Panasnya udara diluar seakan tak mampu menjangkau kulitku yang kini berada dikamar. Hari ini saja sudah terasa capek dan seakan pikiran ini ingin sekali, selalu membawaku ke kata istirahat. Apalagi dalam semester ini beberapa target yang kupasang cukup berat ditambah jadwal kuliah yang cukup padat 25 sks yang semuanya terdiri dari 3 sks mata kuliah masih ditambah dengan kegiatan-kegiatan diluar.

Terlepas sesaat dari semuanya ingin ku tuangkan sedikit yang ada di pikiran ini tentang ketenangan hidup yang selama ini kucari-cari. Apa sebenarnya arti ketenangan ini?, Inilah yang selalu dicari-cari oleh semua orang ketenangan yang dalam bahasa arab berarti sakinah. Dengan kata lain ketika kita mendoakan suatu pasangan pengantin agar sakinah adalah agar keluargan yang dibinanya menjadi tenang dan menenangkan. Disadari atau tidak, dari pengalaman selama ini, ketenangan tidak bisa diperoleh dari kesenangan hidup, ketenangan dapat kita rasakan manakala kita mengalami saat-saat kegetiran hidup lalu engkau menyadari Alloh ada disampingmu dan engkau meyakini-Nya sepenuh hati. Engkau akan merasakan ketenangan yang luar biasa pada dirimu seakan kau tak ada masalah lagi dan senang sekali hatimu. Semua tahu hidup seseorang itu mengalir mengikuti pola lika-liku garis takdir yang tlah terukir semenjak kita belum lahir menuju ke haribaan Al Qadir. Maka dari itu, kunci ketenangan adalah bagaimana kita dalam menghadapi takdir yang senantiasa kita lewati. Apakah itu sebelum takdir datang, ketika maupun sesudahnya.

Hal yang harus kita lakukan ketika sebelum takdir adalah bersabar, sabar menanti rejeki, sabar menanti jodoh, sabar menanti karunia Alloh yang lain. Dan ketika takdir itu datang jadilah ikhlas terhadap apa yang ada apa yang tersurat karena tiadalah apa yang terjadi pada diri tanpa kehendak Alloh. Yang ketiga ketika kita sudah mengalami takdir ialah pasrah terhadap apa yang terjadi. Allohualam Bishowab.

Sarana ketenangan

Sabar, ikhlas dan pasrah ialah cara terbaik untuk menikmati takdir dalam rupa apapun, yang insyaAlloh akan melahirkan ketenangan dalam jiwa ini. Cobalah tengok diluar jendela, belajarlah dari alam, Alloh sudah mencipta alam ini yang sarat akan makna kehidupan. Sarat akan nilai-nilai kehidupan yang setiap saat bias kita petik buahnya. Ketidaktenangan dalam menjalani takdir akan menjadikan kita orang yang selalu was-was, takut melangkah dan mengambil resiko. Percayalah pada diri sendiri, sibuklah mempersiapkan diri bagi hadirnya takdir terbaik. Kita dituntut selalu berdiri di depan gerbang takdir kehidupan, didepan waktu kehidupan. Jangan pernah sisakan sedikitpun waktu kita kosong tanpa adanya perbuatan baik disana.

Pikiran yang baik adalah pikiran yang jernih, sejernih embun yang setiap hari hadir menemani mentari naik dari peraduannya dibelahan bumi lain (belajar dari embun). Pikiran ini menyadari dan memahami bahwa apapun yang terjadi adalah atas izin Alloh Azza wa Jala. Pikiran iinilah yang akan melahirkan sabar  yang pada lanjutannya akan menghadirkan ikhlas dalam hati dan pada akhirnya menjadi pasrah dalam qalbu kirta terhadap segala ketetapan Alloh.

Bermula dari pikiran, perasaan lalu perbuatan. YAKIN TIADALAH SEORANG HAMBA YANG SEDANG DISUSAHKAN OLEH ALLOH KECUALI DIA SEDANG DIRENCANAKAN OLEH ALLOH MENJADI PRIBADI YANG BESAR.!!

SALAM KETENANGAN!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s