Jujur Tak Membuat Hancur

Ada adagium jawa yang menggilitik saya Nek Jujur Mengko Ajur,[1]Yah mungkin inilah refleksi masyarakat kita sekarang yang katanya berada di jaman edan lan nek ra edan ra keduman[2]. Kejujuran memang menjadi hal yang sangat mahal dewasa ini, mulai dari tatanan bernegara yang teratas sampai masyarakat terbawah bersikap skeptis terhadap hal ini. Di jelaskan dalam Al Quran. AtTaubah 119. Bahwa secara implisit kita diperintah untuk berkata benar yang merupakan bagian dari ketakwaan dihadapan Alloh.

 Pernah dalam perjalanah pemerintahan Umar Al Khatab, beliau pada saat menjadi Khalaifah pernah kunjungan dengan menyamar datang kepada seorang anak Arab badui (pedalaman) yang sedang menggembala kambing ratusan, kata umar “ kambing siapa ini?” “kambing majikan saya tuan” anak itu menjawab.

“Saya beli dong satu ekor”

“boleh tuan tapi saya lapor dulu sama majikan saya”

“kan kalo kau jual satu kan majikan kamu tidak tahu”

“ ya, majikan saya tidak tahu tapi pemilik majikan saya tahu, ialah Alloh”

Umar merasa terharu, anak sekecil itu sudah mengetahui bahwa berbohong itu tidak baik. Lalu anak itu diundang ke “Kantor” amirul mukminin untuk mendapat hadiah.

Begitulah situasi pada waktu jaman sahabat dahulu, tidak berbohong. Bahkan dalam hadits ada sahabat yang bertanya “ apa itu bohong ya Rasulullah?”, dijaman beliau sampai tidak dikenal terminologi bohong dimasa itu. Kalau sekarang mencari orang jujur susah, ada riset di Amerika bahwa dalam sehari di Amerika orang tua berbohong kepada anaknya rata-rata sampai delapan kali.

Bersambung….


[1] Kalau jujur nanti hancur

[2] jaman gila dan kalau tidak gila tidak kebagian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s