Kesempurnaan Islam…

Dari judul diatas sudah jelas apa yang akan saya bahas kali ini. Yap,  tentang islam yang syumul yang dalam tata bahasa arab artinya sempurna, komprehensif. Ini masih merupakan materi dasar keislaman seseorang yang harus dikuasai untuk menuju ke cabang-cabang ilmu islam yang lain.

Dienul Islam berasal dari sang khaliq, sang pencipta yang menciptakan kita. Islam tidak terbatas ruang dan waktu, baik di belahan bumi manapun dan dalam tempo apapun ajaran islam tetap berlaku dan sasarannya pun tidak hanya pada umat tertentu melainkan pada seluruh umat manusia yang diciptakan Alloh di dunia ini. Islam yang turun kurang lebih 14 abad yang lalu ini terbukti masih relevan dengan waktu kini dan tidak ada yang kontradiktif terhadap kenyataan. Dalam berbagai pengkajian baik dari segi ilmu pengetahuan, ilmu sosial, maupun ilmu-ilmu filsafat malah semakin menguatkan bahwa ajaran ini diturunkan memang untuk manusia. Alloh selain menciptakan memang juga memberi “buku petunjuk”nya, ibarat ketika kita membeli sepeda motor kemudian kita juga mendapat buku petunjuknya yang pada umumnya berisi cara penggunaan, cara perawatan, cara kerja dsb. Maka dari itu islam hadir tidak hanya untuk satu manusia melainkan untuk seluruh alam yang berfokus pada ajaran tauhid. Dalam firman Alloh.

Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam(Q.S Al Anbiya:107)

Telah jelas ayat diatas bahwa islam turun memang untuk semua pihak tak terkecuali kita sendiri. Selain itu islam tidak hanya semata-mata membangun pola hidup habluminallah yang sempit, yaitu hal-hal ubudiyah saja tetapi jauh lebih luas dari itu.

Dalam segi kehidupan yang sering bersinggungan dengan kehidupa kita islam mengatur dengan baik. Dalam hal tersebut saya contohkan.  Pertama, dalam hal politik, islam mengaturnya secara komprehensif terkait hal ini karena politik adalah suatu keniscayaan kita akan ikut serta didalamnya. Politik mempunyai ruang lingkup yang luas semua pihak bisa terkena dampaknya bila politik tidak diarahkan kepada hal yang benar. Dalam islam politik kekuasaan bukanlah semata tujuan yang ingin dicapai melainkan hanya sebagai sarana untuk mencapai tujuan-tujuan lain yang lebih mulia.

Kedua, dalam hal ekonomi, sudah sering mendengarnya bahwa ekonomi syariah kini menjadi kebutuhan yang tak terelakan tidak hanya pada tataran nasional melainkan juga internasional. Terbukti pada krisis ekonomi internasional yang berlangsung hingga kini keberadaan bank-bank syariah sudah bisa menjawab berbagai permasalahan.

Dengan kata lain islam mengatur dari semenjak kita bangun tidur hingga tidur lagi, tidak ada segala sesuatu yang tidak diatur oleh islam. Namun sekarang timbul pertannyaan dengan keunggulan sistem ini yang berbeda dengan sistem-sistem lain didunia ini,Kenapa islam terlihat terbelakang dan terpincang-pincang mengikuti perkembangan jaman ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s