Pasangan…

Singkat saja……..

Mari kita mulai dari landasan hukumnya.

Coba pahami dengan seksama ayat Al Quran ini.

Dan bahwasanya dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita.

(Q.S An Najm: 45)

Juga perhatikan Hadist dibawah ini.

Perempuan adalah hal tak terpisahkan dari laki-laki (Al Hadist)

Juga Hadist dibawah ini.

Dari Abu ‘Abdirrahman Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anh, dia berkata : bahwa Rasulullah telah bersabda, “Sesungguhnya tiap-tiap kalian dikumpulkan penciptaannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nutfah, kemudian menjadi ‘Alaqoh (segumpal darah) selama itu juga lalu menjadi Mudhghoh (segumpal daging) selama itu juga, kemudian diutuslah Malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya lalu diperintahkan untuk menuliskan 4 kata : Rizki, Ajal, Amal dan Celaka/bahagianya. maka demi Alloh yang tiada Tuhan selainnya, ada seseorang diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli surga sehingga tidak ada jarak antara dirinya dan surga kecuali sehasta saja. kemudian ia didahului oleh ketetapan Alloh lalu ia melakukan perbuatan ahli neraka dan ia masuk neraka. Ada diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli neraka sehingga tidak ada lagi jarak antara dirinya dan neraka kecuali sehasta saja. kemudian ia didahului oleh ketetapan Alloh lalu ia melakukan perbuatan ahli surga dan ia masuk surga. [Bukhari no. 3208, Muslim no. 2643]

Coba kita telaah pada hal yang saya tekankan diatas.

 

4 hal yang dituliskan malaikat pada ruh:

  1. Min ajalihi (ajalnya)
  2. Rizkinya
  3. Amalnya
  4. Apakah dia celaka atau beruntung

Menurut para ulama dua hal pertama yang saya sebutkan sudah ditetapkan oleh Alloh, manusia mendapatkannya tanpa pilihan dan usaha, yaitu ajal dan rizki. Sedangkan dua terbawah adalah konsekwensi yang diambil manusia.

a)             Ajal, tidak ada orang yang tahu dimana? bagaimana? dan kapan? dia akan mati. Semuanya sudah tertulis di lauhul mahfudz menyertai ruhnya, sedangkan tugas manusia berprasangka baik dan ikhtiar terbaik.

Contoh:

  • Siapa sangka Umar Al Khatab yang kuat, bertubuh jangkung yang bersinnya saja dapat menjatuhkan orang, kemudian dibunuh oleh Abu Lu’lu ketika sholat subuh.
  • Siapa sangka Khalid bin Walid  seorang panglima perang ahli strategi meninggal di tempat tidurnya.
  • Dan siapa sangka Sahabat yang dulu berharap didoakan Rasul ingin mati syahid tertusuk panah pada suatu perang, kemudian dikabulkan oleh Alloh meninggal di medang perang dengan tertusuk panah di lehernya.

b)             Rizki, telah tertulis rizki pada manusia, tidak akan habis nafas manusia sampai semua rizki yg dijatahkan turun padannya (Al Hadits). Rizki bukan hanya dalam bentuk angka-angka rekening. Konsepsi Rizki yaitu apa yg bisa kita nikmati bukan apa yang kita kumpulkan. Rizki anda mau diambil dari jalan halal maupun haram tetap sama tidak ada penambahan/ pengurangan.

Namun, asal anda tahu bahwa Rizki anda bisa tersendat datang karena dosa (Al Hadits). Dan membukanya adalah dengan istighfar.

::Jodoh itu seperti rizki, mau diambil di jalan halal mapun haram dapatnya itu-itu juga. Yang membedakan adalah keberkahannya::

Jodoh dikelompokan 3:

1)      Jodoh dunia saja

Contohnya:

  • Firaun dengan istrinya, Fir’aun masuk neraka sedangkan istrinya masuk surga.
  • Nabi Nuh dengan istrinya, yang ingkar terhadapa ajaran yang dibawanya.

2)      Jodoh akherat saja

Contohnya:

  • Maryam ibu yang melahirkan Nabi Isa As ada jodohnya di akherat.
  • Ibnu Taimiyah yang mambujang di dunia. Ins4w dpt jodoh di akherat.

3)      Jodoh dunia akherat.

Dunia – Neraka : Abu lahab dan istrinya Ummu Jamil.

Dunia – Syurga : Rasulullah dan istri-istrinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s