Kenapa ini…

Sungguh suatu keajaiban, yang selama ini yang kufikir ia tak akan turun karena iklim yang sudah mulai berubah, ternyata turun juga. Setelah lebih dari 2 bulan kering, jogja dihujani air yang menitik sedikit demi sedikit membasahi bagian dari bumi Alloh SWT yang luas ini, bila mengingat sekarang yang berada di bulan oktober harusnya memang sudah turun hujan. Saat berada di kampus banyak suara kawan yang mengeluh semalam udara terasa panas dan menebak-nebak kapan turun hujan, namun tak ku hiraukan ku terus saja pergi melangkah ke mushola bersiap menunaikan sholat ashar. Tanpa sepengetahuanku, tiba2 mulai tercium aroma tanah basah, kulihat keatas dan ternyata hujan memang sedang turun dengan rintikan tebal menimbulkan suara di genting diatasku. Dan sekali lagi jogja kembali diberikan rahmat lewat turunnya hujan ini yang juga bertepatan dengan Royal Wedding anak Sri Sultan HB XI.

Namun disini saya tidak akan cerita tentang aspek-aspek ilmiah hujan, saya mau menceritakan tentang sebuah rasa, rasa yang kurasa, rasa yang sering kali menyeruak ketika hujan turun yang disertai awan mendung. Entah apa yang menjadi kebiasaan lamaku ini, ketika sore datang awan gelap disrtai gemuruh suara gaduh diatas sana, ternyata beresonansi dengan hatiku yang juga ikut bergemuruh. Sekejab terasa sekelilingku gelap, aku merasa sendirian, kawan-kawan yang bercengkrama di dekatku tak dapat kuraih untk menarik jiwaku dari kesunyian. Waktu seakan cepat sekali berlalu, berkelebat-kelebat dalam fikiranku. Apa ini? Rasa apa ini? Ada sesuatu yang hilangkah? Atau ada sesuatu yang belum tertunaikan? Atau ini atau itu? Ah entah apa. Yang pasti aku merasa sunyi dalam keramaian ini.

Kepalaku terus memandangi langit diatas sana, yang menggoreskan gurat kesedihan tak terperikan. Sengajakah langit itu mewakili pikiranku? Aku dan galau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s