Satu kegagalan !, bukanlah akhir segalanya Akhi.

semanggi2

Dalam hidup di dunia kita tidak pernah berjalan datar, kadang kita melewati tanjakan, kerikil-kerikil, maupun berbukit-bukit dan sering kali kita terjatuh. Lalu apakah kita akan menyerah?, Bagi manusia kegagalan merupakan suatu hal yang sangat tidak diinginkan akan mereka alami, begitu pula yang terjadi pada penulis. Begitulah hal yang melatarbelakangi tulisan yang sedang antum baca ini.

Kegagalan adalah realitas hidup yang harus dilakoni oleh setiap individu yang mendambakan kesuksesan, kita tidak akan mendapat kesuksesan besar sebelum mendapat kegagalan besar. Seringkali kita terlalu terpedaya oleh kesenangan duniawi yang justru menjerumusakan kita dalam keburukan, awalnya kita diuji oleh Alloh SWT dengan kesenangan-kesenangan namun dipertengahan jalan kita diuji dengan sedikit kegagalan maka bagi orang-orang yang lemah iman dan takwanya akan langsung putus asa.

Ingatlah Akhi, kesenangan-kesenangan duniawi itu hanya sebentar dan tidak kekal. Janganlah orang terperdaya dengan kesenangan-kesenangan dunia, serta lalai dari memperhatikan urusan akhirat. Alloh SWT menerangkan dalam surah: Al An’aam ayat 32.

Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?

Kita sadari pelajaran ini memang “pahit”, bahkan sangat pahit untuk dihadapi dan seringkali kita termasuk juga penulis, tidak mengetahui apa arti kegagalan ini dan manfaatnya bagi kita. Bagi orang yang tidak lapang (insyaaaloh termasuk penulis), setelah Alloh memberi rahmat dan Dia lalu mencabutnya dari kita, pastilah kita akan pustus asa dan tidak mau bersyukur. Seperti dalam surah Huud (11) ayat 9.

Dan jika Kami rasakan kepada manusia suatu rahmat (nikmat) dari Kami, kemudian rahmat itu Kami cabut daripadanya, pastilah dia menjadi putus asa lagi tidak berterima kasih.

Alloh mengingatkan kita bahwa setiap apa yang telah kita dapat, haruslah kita syukuri. Dan tidak boleh putus asa dengan selalu maju kedepan melihat kemungkinan-kemungkinan yang bisa kita lakukan. Jangan pernah berdoa hidup akan menjadi mudah, namun berdoalah untuk menjadi kuat dalam menghadapi setiap kesulitan hidup ini.

4 thoughts on “Satu kegagalan !, bukanlah akhir segalanya Akhi.

  1. ada yang menerjemahkan bahwa kegagalan adalah tidak mendapatkan apa yang diharapkan, dan atau mendapatkan apa yang tidak diharapkan. dan ada yang memandang bahwa kegagalan dijadikan sebagai bahan untuk menjelekkannya, atau dipandang hina. jadi hanya sabar, tawakal dan terus berusaha itulah kuncinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s