Mengoreksi Dengan Tinta Merah

hikmah-kekerasan2Mengoreksi Dengan Tinta Merah


Kekerasan dalam pendidikan kembali terjadi di Kalimantan, guru menampar anak didiknya setelah upacara bendera. Tetapi, dibalik itu saya mempunyai perspektif lain memahami kejadian tersebut. Saya disini dapat mengatakan hal tesebut wajar apabila dalam keadaan tersebut guru menggunakan kekerasan dalam mengoreksi siswanya.

Video yang ditayangkan pada sejumlah televisi swata menunjukan bahwa guru tersebut melakukan kekerasan. Sayangnya, media hanya memakan mentah-mentah informasi yang mereka terima bahwa murid-murid tersebut dipukul, kalau kita lihat lagi murid-murid tersebut dipukul karena banyak alasan: mereka tidak hormat pada bendera, tidak pakai topi, memakai sepatu berwarna selain hitam, dll. Murid murid tersebut menurut guru di sekolah, ialah murid-murid yang sudah terkenal bandel dan sering berbuat yang tidak sepatutnya dilakukan pelajar.

Anak-anak tersebut memang harus diberi nasehat yang lebih keras (misal: di jewer, lari, ditampar biar kapok) agar menimbulkan efek jera, kalu cuma di omongin petuah-petuah baik hal itu akan sama saja, kalau kata guru saya dulu “ Masuk telinga kiri, keluar telinga kanan”. Seorang ayah menyekolahkan anaknya ke sekolah adalah untuk dididik agar berguna di kemudian hari. Seorang ayah pasti berharap bahwa anak yang mereka sekolahkan tidak akan melakukan perbuatan yang tercela ataupun merugikan orang lain.

Bila kita lihat sekarang, ayah berperan hanya untuk pencari uang tidak sempat memberi nasehat-nasehat ataupun petuah, ibunya jarang dirumah atau tidak perhatian dengan anak sedang anak hanya mendapat asupan uang. Pada akhirnya seorang anak akan menjadi pribadi yang tidak terkontrol, maka dari itulah tugas sekolah sangat dibutuhkan.

One thought on “Mengoreksi Dengan Tinta Merah

  1. Itulah dilema dunia pendidikan kita,perlu perjuangan ekstra keras untuk memperbaikinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s