HIKMAH HUSNUDZON

Ikhwah wa akhowat fiddin rahimakumullah…

Ada seorang raja yg stiap pergi berburu selalu ditemani oleh seorang sahabatnya yg terkenal dngan ktakwaan dan wirainya.Tiap kali raja menemui sesuatu yang tidak mengenakkan,sahabatnya selalu berkata, “Semoga itu baik,insya Allah.” Kata2 ini selalu diulang-ulanginya pda stiap kejadian yang secara dhahir adalh kejadian buruk.

Pda suatu hari saat sang raja berburu brsama sahabatnya ditemani oleh pengawalnya, jari raja terkena tombak dan terpotong. Darah pun mengucur.Si sahabat berkata, “Semoga itu baik, insya Allah.” Raja marah dan memerintahkan pengawalnya untuk memenjarakannya. Saat pengawal ditanya, “Apa yang dikatakannya saat kalian menutup pintu penjara?” Pengawal menjawab, “Ia hanya mengatakan, Semoga ini baik, insya Allah”

Suatu ketika saat raja pergi berburu tnpa ditemani oleh sahabatnya, ia tersesat di hutan.Sedangkan di hutan tersebut trdapat suku yang menyembah berhala dan tiap tahun mengorbankan orang kpada berhalanya tersebut.Raja pun ditangkap oleh suku tersebut. Namun, saat diperiksa didapati bahwa jari raja tidak lengkap. Mereka pun menolak mengorbankannya,krn korban harus dalam kondisi yg sempurna.Raja lalu dilepas dan ia kembali ke istananya.

Akhirnya ia menyadari kbenaran ucapan sahabatnya.Sahabatnya pun dikeluarkan dari penjara.Raja bertanya, “Ketika engkau mengatakan,‘Semoga itu baik, insya Allah.’Saat jariku terpotong, aku menyadari bahwa kebaikan itu adalah aku tidak jadi disembelih untuk berhala karena fisikku tidak sempurna.Sekarang saat engkau dipenjara, apakah kebaikan itu?” Ia menjawab,“Andaikata saat itu saya bersamamu,mka mreka akan menyembelih saya sebagai penggantimu”.

Yaa ikhwatal iman,

Alangkah indahnya ketika kita selalu berbaik sangka pada-Nya. Meskipun itu adalah hal buruk menurut kita, suatu saat Allah akan menunjukkan bahwasanya itulah yang terbaik bagi kita. Allah senantiasa memberikan jalan yang terbaik bagi hambanya yang beriman kepada-Nya.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetauhi”. (QS Al-Baqarah : 216)

Wallahu a’lam bisshowab…

About these ads

4 thoughts on “HIKMAH HUSNUDZON

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s